Rakyat Papua ; Dunia Internasional selesaikan Pelanggaran HAM di Papua

Hari Hak Asasi Manusia (HAM) Sedunia yang jatuh pada hari ini Sabtu (10/12), diperingati sejumlah elemen mahasiswa dan warga dengan berunjuk rasa. Di Manokwari, Papua, misalnya. Ratusan warga dan mahasiswa menuntut pengusutan pelanggaran HAM di tanah Papua. Aksi serupa juga digelar di Makassar, Sulawesi Selatan. Seperti di Manokwari, massa di Makassar, juga meminta penegakan HAM di Papua.

Di Manokwari, pengunjuk rasa menggelar pawai di jalanan utama kota, mulai dari depan Gedung Olahraga Sanggeng di Jalan Yos Sudarso, Jalan Merdeka, hingga Jalan Panglima Sudirman. Dan berakhir di Lapangan Borarsi.

Dalam orasinya mereka bertekad akan terus menyuarakan tindak kekerasan terhadap warga Papua ke dunia internasional. Massa  menuntut agar meninjau kembali kebijakan penempatan militer di tanah Papua.

Aksi selama dua jam itu berlangsung di bawah pengawalan ketat jajaran Polres Manokwari dan Brimob Polda Papua.

Peringatan HAM di Makassar, Sulsel, oleh mahasiswa juga mengangkat tema kekerasan di tanah Papua. Serupa dengan tuntutan di Manokwari, yakni massa meminta aparat keamanan mengungkap kasus pelanggaran berat HAM di Papua.

Aksi di Makassar, itu digelar mahasiswa dan aktivis HAM yang tergabung dalam Jaringan Kerja Anti-Kekerasan. Aksi berlangsung di bawah jembatan fly over Jalan Urip Sumoharjo, Kota Makassar.

Dalam orasinya mereka mengecam berbagai pelanggaran HAM di Indonesia, yang tanpa satu pun kasus menemui titik terang dan penuntasan. Massa mendesak pemerintah menghentikan berbagai bentuk kekerasan di Papua, serta menarik seluruh pasukan militer dari Bumi Cendrawasih.

Menurut pengunjuk rasa, diskriminasi terhadap warga Papua harus dihilangkan. Warga Papua berhak mendapat pemenuhan hak-hak dasar masyarakat Papua, seperti kesehatan, pendidikan, dan kesejahteraan.(el)

Klik disini untuk lihat Photo

 

Tinggalkan komentar